Selasa, 03 Desember 2013

Peran Ibu bagi Kehidupan Kita

Hari ini adalah hari kedua di bulan Desember. Bulan dimana salah satu tanggalnya terdapat hari perayaan yang sangat penting bagi saya. Melihat kata ‘Desember’, hal pertama yang terbesit dalam benak saya adalah IBU. Karena di tanggal 22 Desember inilah Diperingatinya Hari Ibu. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Hari Ibu merupakan hari yang istimewa bagi para ibu.

IBU .
Siapa yang tidak mengenal ibu?
Pasti semua umat manusia di bumi ini mengenal IBU.
Bagaimana sosok seorang Ibu bagi anda?

Di postingan saya kali ini, saya akan berbagi pandangan pemikiran saya mengenai Peran Ibu Bagi kehidupan kita.


Ibu adalah orang pertama yang dilihat oleh kita ketika kita pertama kali membuka mata di bumi ini. Kata pertama yang didengar oleh kita juga berasal dari ibu. Kita lahir ke dunia lewat ibu. Ketika benak kita masih kosong dari segala bentuk gambaran tentang dunia, lewat ibulah kita mengenal dunia kehidupan.
Ya, betapa pentingnya Peran ibu bagi kehidupan kita.
Lihatlah gambar dibawah ini .

 

Ibu yang telah melahirkan kita ke dunia ini, setelah 9 bulan ibu mengandung kita. Bayangkan!! 9 Bulan ibu terus membawa kita kemana-mana dalam perutnya, tanpa kenal rasa lelah. Dan setelah 9 bulan ibu menyimpan dan menjaga kita dalam rahimnya, Ibu pun yang melahirkan kita. Betapa sakitnya ibu mengeluarkan kita ke dunia ini dari rahimnya. Ibu mempertaruhkan seluruh jiwa, raga, juga nyawanya demi kita, karena disaat itulah ibu sedang berada diantara hidup dan mati.

Setelah kita lahir ke dunia ini, Ibulah yang telah merawat dan mendidik kita. Ibu yang telah mengajari kita dari mulai kita terbaring, duduk, merangkak, berdiri, jalan, bahkan sampai berlari. Mungkin jika tanpa adanya peran ibu, saya tidak akan pernah bisa menggerakan jari saya untuk menulis di blog ini.

Tanpa disadari begitu pentingnya ibu bagi kita. Beliau melakukan ini, itu, tanpa minta imbalan. Ibu menangis bersama kita jika kita sakit; ibu tersenyum jika kita bahagia, dan ibu membela dan berjuang untuk menyekolahkan kita. Ibu tidak pernah merasa lelah, capek dan tua untuk merawat kita. Bagi saya sosok seorang ibu adalah wanita super, yang tak terbalaskan kasihnya.

Bahagianya memiliki ibu, kehangatan akan mengalir jika hati mulai dingin, ibu yang memberikan ketenangan, kesejukan, kedamaian di hati kita. Ibu, adalah segalanya bagi kita. Pepatah mengatakan ”Mother is your best friend”, yups, ibumu adalah teman terbaikmu. Masih adakah di antara kita yang belum merasakan begitu besarnya kasih sayang seorang ibu? Pasti semua kita merasakan begitu besarnya kasih ibu.

Disini juga saya akan menjelaskan 7 Peran Penting Ibu dalam Keluarga .

Menjadi seorang ibu dalam rumah tangga adalah “ profesi” yang tidak bisa dianggap remeh. Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Dari sederet peran yang bisa dimainkan seorang ibu di rumah tangga, dan 7 di antara peran penting ibu dalam keluarga adalah :

Ibu sebagai manager


 
 
Sebagai seorang manager, seorang ibu rumah tangga mampu mengintegrasikan berbagai macam karakter, berbagai macam keadaan/kondisi anggota keluarganya ke dalam satu tujuan rumah tangga.


Ibu sebagai teacher

 

Sebagai seorang teacher ( guru ), seorang ibu mampu mendidik putra-putrinya, mengajarkan sesuatu yang baru, melatih, membimbing mengarahkan serta memberikan penilaian baik berupa reward maupun punishment yang mendidik. Menurut Baqir Sharif al-Qarashi ( 2003:64), bahwa ibu merupakan sekolah yang paling utama dalam pembentukan kepribadian anak, serta sarana untuk memenuhi mereka dengan berbagai sifat mulia.

Ibu sebagai chef/cook
 
Sebagai seorang chef tentunya seorang ibu harus pandai memutar otak untuk berkreasi menghasilkan menu-menu yang dapat diterima semua anggota keluarga, baik menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Ibu sebagai nurse



Tidak ada komentar:

Posting Komentar