Sabtu, 30 November 2013

Menstruasi Yang Tidak Lancar



Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang si ‘tamu bulanan’ atau bahasa ilmiahnya biasa kita sebut dengan menstruasi. Sebagai seorang perempuan normal, tentunya setiap bulan kita akan mengalami datang bulan. Namun terkadang tidak setiap bulan kita mengalami menstruasi, Nah disini akan saya bahas mengenai Gangguan yang terjadi pada menstruasi terutama masalah menstruasi yang tidak lancar. Sebelum meranjak ke gangguan menstruasi, saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dan proses terjadinya menstruasi.


Apakah Menstruasi atau Haid Itu?

 


Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur  yang tidak dibuahi. Jadi secara fisik perempuan yang sudah menstruasi adalah perempuan yang sudah dewasa, karena indung telurnya sudah siap dibuahi.  Menstruasi pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal.


Tahapan proses terjadinya Menstruasi

 


Proses terjadinya menstruasi dibagi menjadi beberapa fase, yaitu :
1.     Fase proliferasi
-      Fase pertumbuhan lapisan endometrium
-      Pengaruh hormon estrogen
-      Seiring dengan pematangan folikel akibat pengaruh FSH

2.    Fase ovulasi
-      Pelepasan ovum akibat pecahnya folikel matang di ovarium
-      Folikel yang pecah menjadi korpus luteum dan menghasilkan -hormon progesteron

3.    Fase sekresi
-      Fase pematangan lapisan endometrium
-      Pamatangan kelenjar- kelenjar endometrium
-      Pengaruh kombinasi estrogen dan progesterone
-      Endometrium dipersiapkan untuk menerima implantasi jika terjadi pembuahan

4.    Fase haid
-      Estrogen dan progesteron menurun
-      Tidak ada pembuahan
-      Lapisan endometrium menjadi rusak hancur/rontok perdarahan

Atau bisa digambarkan juga seperti ini :

 

Gangguan Pada Menstruasi

 


Haid adalah sebuah gejala yang sangat dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita. Seorang wanita akan dikatakan sudah matang ketika dia sudah mengalami siklus haid ini. Haid baru akan berhenti di masa-masa wanita sudah habis kesuburannya atau disebut juga masa menopause.

Ganguan yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang haid misalnya adalah nyeri di bagian perut, perasaan tidak nyaman, haid yang tidak lancar, masa haid yang terlalu lama, haid terlambat, hingga darah haid yang terlalu banyak. Haid lancar merupakan idaman setiap wanita karena masa haid adalah masa-masa yang menyiksa bagi para wanita.

Siklus menstruasi rata-rata 28 hari, tapi ada juga yang mengalami siklus 21 hari hingga 30 hari. Selain itu, biasanya tanggal menstruasi bulan ini ke bulan depan akan maju atau mundur satu atau tiga hari. Lamanya menstruasi atau haid pada wanita biasanya 5 hari, tapi ada juga yang 7 hari. Namun, hal tersebut masih dianggap normal.

 




Lalu, pernahkah kamu mengalami haid yang tidak teratur setiap bulannya? Haid yang tidak teratur bisa menjadi tanda ada gangguan kesuburan. Progesteron dan estrogen berfungsi mematangkan sel telur yang keluar tiap bulan saat ovulasi. Oleh karena itu, para wanita disarankan untuk mengetahui kondisi siklus haidnya. Jangan menganggap enteng hal ini karena bisa berdampak negatif.

Lalu, apa sebenarnya penyebab haid tidak teratur? Dilansir dari beberapa sumber, inilah penyebab haid tidak teratur yang harus para wanita ketahui:

1.     Stres
Stres merupakan penyebab utama haid tak teratur. Pekerjaan yang menupuk, materi kuliah, masalah percintaan yang menyebabkan stres bisa mempengaruhi siklus haid. Kelenjar adrenal mengeluarkan hormon kortisol yang berdampak langsung terhadap hormon estrogen dan progesteron. Jika ingin haid teratur, maka hindari stres sebisa mungkin.
2.    Rokok
Bagi para wanita yang sering merokok, sebaiknya dihentikan. Ketahuilah bahwa rokok bisa menyebabkan haid Anda menjadi tidak teratur. Selain itu, rokok juga tentunya bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti jantung, gangguan janin, dan lain sebagainya.
3.    Kegemukan
Kenaikan berat badan yang signifikan menunjukkan adanya gangguan tiroid. Gangguan tiroid ini sangat umum terjadi pada wanbita dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan, siklus tak teratur, lesu, dan lain sebagainya. Selain itu, berat badan berlebih juga menandakan terjadinya penyakit ovarium polikistik yang merupakan masalah hormonal. Bukan hanya kenaikan berat badan, penurunan berat badan yang signifikan juga bisa memyebabkan haid tidak teratur.
4.    Ibu menyusui
Ibu yang sedang menyusui biasanya kan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Namun, hal ini masih dianggap normal. Oleh karena itu, ibu-ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak usah khawatir jika haid tidak teratur setiap bulannya.
5.    Kontrasepsi
Berbagai bentuk kontrasepsi juga bisa mengakibatkan siklus haid Anda tak teratur. Penggunaan pil KB juga bisa menyebabkan pendarahan hanya sedikit atau bahkan mengakibatkan pendarahan berat. Selain itu, pemberian suntikan untuk kontrasepsi pascamelahirkan juga bisa menyababkan haid tak teratur. Itulah 5 penyebab haid tidak teratur. Namun, pada umunya haid yang tidak teratur itu disebabkan oleh hormon yang tidak stabil.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk wanita single :
  • Rajin mengkonsumsi jamu atau ramuan haid lancar.
  • Mengurangi makanan yang berlemak karena kelebihan lemak akan menghambat proses menstruasi dan haid lancar.
  • Mengurangi aktivitas yang melelahkan dan menguras tenaga.
  • Untuk wanita yang mempunyai penyakit kista, untuk mendapatkan haid lancar sebaiknya menghindari makanan cepat saji, pedas, atau asam.
  • Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin dan mineral juga dapat membantu anda mendapatkan haid lancar. Selain itu dengan melakukan olahraga teratur, anda akan mendapatkan siklus haid yang lancar.


Sumber :
http://ciricara.com/2013/09/18/5-penyebab-haid-tidak-teratur/




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar